Kamis, 02 Agustus 2012

5 Orang yang Terkena Kutukan ‘SUPERMAN’

Kutukan ‘Superman’ mengarah dan berlaku kepada siapa saja yang terlibat dalam penggarapan komik, film, yang menampilkan sosok pahlawan super bernama SUPERMAN, dengan nama kesehariannya, Clark Kent. Kutukan itu diyakini terutama seringkali menimpa aktor-aktor yang memerankannya. Seperti sebuah pepatah Hollywood mengatakan, “Jika Anda bersemangat dalam memerankan sosok terkuat di muka bumi ini, maka Anda pun akan mati atau berakhir dengan posisi hidup tersulit.”  Percaya tidak percaya,  berikut 5 selebritas dan tokoh yang terkena kutukan SUPERMAN:


1. Siegel dan Shuster Hidup Dalam Ketidakadilan

Penulis Jerry Siegel dan artis Joe Shuster menciptakan sosok Superman pada 1930’an, namun pekerja mereka berinisial DC-lah yang memegang  hak cipta karakter komik tersebut. Pada 1946 keduanya melakukan sebuah tuntutan hukum terhadap DC, dengan argumentasi bahwa mereka pun pantas mendapatkan kompensasi dari karakter superman. Pengadilan Tinggi New York kemudian memberikan keduanya 60.000 dolar AS, yang merupakan sebagian kecil dari jutaan dolar yang dihasilkan dari komik, film, serial televisi dan merchandis Superman. Pada tahun 1975, sebagai sebuah tanggapan terhadap kampanye yang dilakukan oleh Siegel dan Shuster yang diikuti oleh para pencipta komik terkemuka, akhirnya DC setuju untuk memberikan keduanya dana pensiun seumur hidup masing-masing mendapatkan 35.000 dolar AS setiap tahunnya dan menyebutkan nama mereka dalam setiap film adaptasi karakter Superman. Namun ketika Siegel dan Shuster dihargai dan dikagumi sebagai bagian dari komik Superman, namun keduanya tidak mendapatkan penghargaan dalam karya-karya lainnya. Beberapa menyebutkan bahwa itu adalah sebuah kutukan dari karakter yang sebelumnya mereka kutuk karena tidak mendapatkan keadilan, Superman.


2. George Reeves, Melakukan Bunuh Diri

George Reeves memerankan karakter Superman pada 1951 dalam film ‘Superman and the Mole Men’, serta beberapa serial televisi ‘Adventures of Superman’. Seperti Kirk Alyn (aktor sebelumnya), George hanya dikenal publik sebagai aktor pemeran karakter  Superman saja. Pada 16 Juni 1959 sebuah kejadian mengenaskan terjadi, ia ditemukan mati dengan luka tembak di rumahnya, sehari sebelum melangsungkan pernikahan. Di samping jasadnya ditemukan sepucuk senjata api, berdasarkan keterangan kematiannya disebabkan bunuh diri.


3. John F. Kennedy, Ditembak Mati

Pada tahun 1963, pegawai, staf presiden Amerika Serikat John F. Kennedy menyetujui beberapa adegan yang melibatkan sosok sang presiden, postur tubuh serta mimik, di dalam sebuah komik Superman. Komik tersebut direncanakan terbit pada April 1964. Dan sebuah peristiwa mengejutkan rakyat di penjuru Amerika Serikat, presiden mereka, John F Kennedy tewas akibat ditembus timah panas yang ditembakan oleh seseorang. Dan atas permintaan Lyndon B. Johnson (penggantinya), DC mengulang, meubah cerita yang telah disusunnya dan diterbitkan kembali.


4. Christopher Reeve, Jatuh Dari Kuda
Ada dua peristiwa menyangkut Christopher Reeve
Christopher Reeve memerankan Superman/Clark Kent dalam film serial, Superman: The Movie (1978), Superman II (1983), dan Superman IV: The Quest for Peace (1987). Kemudian musibah mengenaskan harus dialami oleh Christopher setelah terjatuh dari kuda yang dinaikinya, ia harus menderita kelumpuhan dari leher hingga tubuh bagian bawah, peristiwa itu terjadi pada 27 Mei 1995. Christopher meninggal dunia pada 10 Oktober 2004 akibat mengalami gagal jantung sebagai dampak dari kondisi kesehatannya saat itu.


Dana Reeve, janda mendiang Christopher, yang juga pendiri yayasan, Christopher and Dana Reeve Foundation. Pada 9 Agustus 2005, ia didiagnosa menderita kanker paru-paru, dan meninggal akibat penyakinya itu pada 6 Maret 2006 di usia 65 tahun.


5. Marlon Brando, Kematian Berantai
Marlon Brando, aktor kawakan ini memerankan karakter Jor-El, ayah biologis dari Superman (1978). Ia pun mengalami beberapa kejadian dalam hidupnya setelah berperan dalam film Superman. Berikut rangkaian peristiwanya:
  • Mei 1990, anak pertamanya, Christian, menembak dan membunuh Dag Drollet (26th) kekasih Cheyenne Brando –saudara  perempuan berbeda ibu, di rumah keluarga di Beverly Hills. Christian yang saat itu berusia 31 tahun mengatakan bahwa peristiwa penembakan itu adalah sebuah ketidaksengajaan. Namun akibat kejadian itu, Christian harus mendekam di penjara selama 10 tahun, dan meninggal 18 tahun kemudian di usia 49 tahun.
  • Pada 1995, akibat peristiwa kematian kekasihnya, Chayenne mengalami depresi berat dan menyerahkan anak hasil hubungan mereka kepada orangtua Drollet. Chayyene melakukan bunuh diri dengan menggantungkan tubuhnya pada seutas tali. Saat itu ia berusia 25 tahun.
  • Akibat rangkaian musibah yang menimpa keluarganya, Marlon Brando pun mengasingkan diri dari kehidupan Hollywood dan menderita obesitas yang sangat mengkhawatirkan.
  • Pada 1 Juli 2004, Brando meninggal dunia di usianya yang ke 80 tahun. Penyebab kematian Brando hanya diketahui oleh pengacaranya yang kemudian dipublikasikan, kematiannya itu disebabkan oleh kelainan paru-paru (pulmonary fibrosis). Selain itu, ia pun mengidap kanker hati, gagal jantung dan diabetes yang menyebabkan penglihatannya memburuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar