Kamis, 23 Agustus 2012

10 Serba-Serbi Peristiwa yang Jarang Diketahui


Did You Know ?
Orang Inggris menghabiskan waktu paling sedikit di situs pornografi. Rata-rata mereka cuma menghabiskan waktu 36.7 menit dalam sebulan (atau kira2 satu menit dalam sehari). Angka ini lebih rendah dari warga Eropa lainnya.


Did You Know ?

Dulu, orang Amerika sangat takut terhadap buah tomat, dan menganggapnya beracun serta tidak bisa dimakan, karena tomat masih sekeluarga dengan kecubung.
Namun tentu saja itu tidak berlangsung terus. Keadaan berubah setelah dokter asal Virginia bernama Dokter Siccary di tahun 1733 berani "menantang maut" dengan memakan beberapa buah tomat di depan orang banyak. Masyarakat Amerika kemudian percaya bahwa tomat tidak beracun bahkan mempunyai kenikmatan tersendiri. Dimasa kini Amerika Serikat merupakan produsen tomat terbesar di dunia.




Did You Know ?
Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil di tawan Perancis, ketika Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon Bonaparte sedang di terserang influenza.

Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat, ia mengatakan "Ma sacre toux" ("Batuk Sialan"). Perwira pedamping Napoleon merasa sang Jenderal mengatakan "Massacrez Tous" ("Bunuh Semua").

Akibatnya 1200 tawanan Turki dibunuh, akibat batuk sang Jenderal.



Did You Know ?

Manusia diciptakan Tuhan dengan keunikan luar biasa. Menurut hasil penelitian ilmu kedokteran, jika seseorang dewasa dengan bobot rata-rata, maka selama 24 jam dia memiliki kesibukan :

1. Jantung berdenyut 103.689 kali.
2. Darah menempuh perjalanan 168.000.000 mil.
3. Bernafas sebanyak 23.040 kali.
4. Menghirup udara sebanyak 483 meter kubik.
5. Menelan 1,5 kg makanan.
6. Meminum 3,5 liter cairan.
7. Berkata-kata sebanyak 25.000 kata(termasuk kata2 yang tidak perlu diucapkan.
8. Menggerakkan 750 otot.
9. Kuku bertumbuh 0,00012 cm.
10. Rambut memanjang 0,94353 cm.
11. Sel otak sebanyak 7.000.000 terus bekerja.




Did You Know ?
Raja Plotonemus II yang memerintah mesir selama 285 sampai 246 SM, memiliki nama asli "Philadephus", yang berarti "Penyanyang Saudara". Namun semasa hidupnya, ia telah membunuh saudara laki-lakinya.

Penerusnya ternyata tidak lebih baik.

Raja Plotomeus IV, yang memerintah Mesir dari masa 221-203 MM, memiliki nama asli "Philopator", yang mempunyai arti "Penyanyang Ayah". Namun, semasa hidupnya, Raja Plotomeus IV tersebut telah membunuh ayahnya.
Jadi apalah arti sebuah nama.




Did You Know ?
Berapa lamakah waktu yang diperlukan untuk menghitung dari 1 sampai 1 triliun (1.000.000.000.000) ?

Sekitar tiap satuan diperlukan waktu 1 detik, maka diperlukan waktu 1 triliun detik, sama dengan 16,67 milyar menit, atau sama dengan 277,78 jam atau sama dengan 11,57 juta hari, atau sama dengan 31.709,79 tahun (tiga puluh satu ribu tujuh ratus sembilan tahun).

Jadi anda bisa membayangkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menghitung semua uang yang di korupsi oleh para pejabat dan konglomerat Indonesia, yang tingkat korupsinya tertinggi di dunia.




Did You Know ?
Oxford University di Inggris didirikan akibat pertengkaran antara seorang raja dan seorang pemimpin keagamaan. Raja Henry II (1133-1189), berseteru dengan Uskup Agung Thomas Becket (1118-1170). Perseteruan itu meluas ketika Raja Perancis ternyata ikut campur dengan mendukung Uskup Becket.

Untuk menghindari meluasnya pengaruh Perancis, Raja Henry II memerintahkan agar seluruh mahasiswa Inggris dari Universitas Paris dipanggil pulang ke Inggris. Kebanyakan dari mahasiswa yang dipanggil pulang bermukim di kota Oxford. Untuk melanjutkan pendidikan mereka didirikanlah sebuah Unversitas yang kita kenal dengan Oxford University.




Did You Know ?
Gladiator bukan hanya menjadi tontonan, namun juga dapat menjadi jenjang karir. Ini dibuktikan oleh Commondus Lucius Aelius Aurelius (161-192 Masehi)

Bermula dari seorang Gladiator, ia merintis karir dan akhirnya sukses menjadi kaisar Romawi. Riwayat karirnya meliputi 1.031 pertandingan. Setelah menjadi kaisar pun ia masih tetap bertarung di arena. Karir politik dan olahraga nya berakhir sekaligus, ketika dalam suatu pertandingan seorang Gladiator bernama Narcissus mencekiknya hingga tewas.




Did You Know ?
Thomas Farnham, seorang pengelana Amerika, menuliskan bahwa saat mendekati kota Santa Fe di tahun 1839 ia menyaksikan kawanan bison yang bergerak tak habis-habisnya selama tiga hari tiga malam. Diperkirakan kawanan bison ini terdiri dari 1 juta ekor bison yang bergerak bersamaan dalam kerumunan seluas 1.350 mil persegi. Luas yang setara dengan satu negara bagian Rhode Island.

Sangat mengherankan bahwa kurang dari seabad berikutnya, bison hampir saja punah dari daratan Amerika.



Did You Know ?Istilah "hooker" dalam konotasi pelacur atau wanita penghibur, ternyata berasal dari para prajurit Amerika.

Saat perang sipil, dikenal seorang Jenderal dari pihak Union(utara) yang bernama Joseph Hooke. Jenderal ini sering membawa wanita-wanita penghibur untuk menemaninya di kota New Orleans sepanjang masa perang sipil. Oleh anak buahnya, wanita-wanita ini diberi nama "Hooker Division".

Lama kelamaan kata "Division" menghilang, dan akhirnya wanita-wanita dengan profesi seperti demikian mendapat sebutan "hooker" hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar