Kamis, 16 Agustus 2012

5 ‘Phi’ yang menghantui Thailand

Bagi Anda penikmat dan pencinta film horror Thailand, mungkin tidak asing lagi dengan sebutan Phi. Masyarakat Thailand, mengenal roh dengan sebutan ‘Phi’ sehingga mereka akan menamai sosok roh ataupun hantu dengan awalan phi sebelum nama sebenarnya. Berikut 5 phi yang menghuni dan bergentayangan di kawasan Thailand:

1. Phi Hai (aka Phi Tay Hong)

Phi Hai  atau dikenal juga dengan Phi Tay Hong, merupakan roh yang dikabarkan suka bergentayangan di tempat atau wilayah orang-orang yang telah meninggal secara tidak wajar. Phi Hai akan mendatangi mayat tersebut untuk kemudian berwujud seperti mereka dan mengganggu orang-orang disekitarnya, dan dengan tubuh manusianya itu ia akan mencari dan merayu, menggoda siapapun yang pantas untuk dijadikan korban. Namun roh jahat ini cukup mudah untuk diusir dari tubuh orang yang dirasukinya, yakni dengan cara menawarkan apa yang membuatnya tertarik dan tidak mampu ditolak. Walaupun demikian, tetap diperlukan sebuah mantra dan media yang mampu membuatnya merasa takut,  air yang disucikan. Karena seandainya proses tawar menawar itu gagal maka, perkelahian batinian, mistis harus dilakukan, sehingga ada pula ‘orang pintar’ yang menggunakan cambuk untuk sebagai senjata mistisnya.

2. Phi Kra-sue

Phi Kra Sue, mungkin momok yang paling menakutkan di daratan Thailand. Phi Kra sue dalam penampakannya sealalu mewujud sebagai perempuan cantik yang pandai menggoda, memikat dan membuay para korbannya. Namun tahukah Anda kenapa ia senantiasa menggunakan gaun panjang, yang menutupi hingga kakinya? Itu dikarenakan ia tidak memiliki tubuh bagian bawah,hanya organ dalam yang tergantung dari leher hingga bagian perut saja yang sebenarnya berada di balik gaun tersebut. Phi Kra sue merupakan roh yang jahat dan sadis, masyarakat Thailand mengenalnya dengan roh yang doyan makan makanan mentah, dan jika makanan itu berupa mahluk (binatang) maka ia akan memakan dari bagian terdalam hingga kemudian bagian luar tubuh makanannya.

3. Phi Krasy (aka Phi Sing)

Phi Krasy alias Phi Sing, dikabarkan sebagai roh yang hidup di dalam tubuh para penyihir, ataupun dukun ilmu hitam. Tubuh penyihir dan dukun yang didiami oleh roh phi krasy sangat mudah dikenali, biasanya wajah mereka muram,tatapannya kosong (tidak bisa berkedip) dan tidak mau bertatapan dengan orang-orang di sekitarnya. Seperti layaknya seorang vampir ataupun dracula,sang penyihir itu senantiasa menghindari sebuah cermin ataupun kaca, karena mereka tidak memiliki bayangan.
Ketika sang penyihir tertidur di malam hari, maka roh phi krasy yang mendiami tubuhnya akan keluar melalui mulut dan bergentayangan mencari mangsanya –seorang manusia untuk dimakan bagian dalam tubuhnya. Phi Sing ini memiliki kepala sebesar bola tenis yang bersinar seperti api dan memiliki ekor yang panjang. Satu momen yang krusial baginya adalah ketika sang penyihir mati, maka sebelum tubuh penyihirnya benar-benar mati maka ia harus mencari tubuh baru untuk ditinggalinya

4. Phi Peta

Phi Peta, merupakan sosok hantu yang senantiasa merasakan lapar sepanjang waktunya. Phi Peta dikabarkan merupakan roh penasaran, yang semasa hidupnya memiliki kesenangan teramat sangat terhadap sesuatu. Sosok menyeramkan ini dilukiskan memiliki perut yang besar dan mulut yang seukuran dengan matanya. Ia selalu bergairah terhadap apapun yang ada di dunia manusia, makanan, uang, kekuasaan bahkan seks. Kehadiran hantu Peta ini dapat ditandai dengan adanya suara orang bersiul di malam hari, ia bergentayangan mencari orang yang mampu menolong untuk memuaskan nafsunya. Peta sangat pemarah, agresif dan tak pernah puas.

5. Phi Phrai

Phi Phrai merupakan sosok hantu perempuan yang semasa hidupnya meninggal ketika sedang melakukan persalinan. Masyarakat Thai memiliki kepercayaan bahwa perempuan yang meninggal ketika sedang atau setelah melahirkan bayinya harus dikuburkan di tempat yang dan upacara khusus. Namun bagi para penyihir ataupun orang-orang yang memilikiilmu hitam mayat perempuan ini merupakan incaran, mereka akan melakukan sebuah ritual (Phi Thai Hong) dan praktik guna mendapatkan minyak yang keluar dari tubuhnya. Minyak tersebut memiliki kekuatan mistis, bagi seorang lelaki maka ia dengan mudah akan mendapatkan perempuan yang disukainya. Dan bagi perempuan, akan membuat laki-laki tergila-gila kepadanya. Dan cara untuk mendapatkan minyak tersebut biasanya para penyihir jahat akan meletakkan lilin di bawah dagu si mayat perempuan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar