Rabu, 29 Agustus 2012

10 Bagian Tubuh yang Jarang Disadari Manusia

Mungkin tidak banyak manusia yang mengenali organ dan fungsi tubuhnya, terutama yang letaknya di dalam, ataupun yang bentuknya kecil, dan atau terlihat namun tidak disadari. Mungkin organ ini pernah berfungsi, namun seiring perkembangan dan pertumbuhan manusia fungsinya berkurang. Berikut adalah 10 organ tubuh manusia:


1. Plica semilunaris
Dikenal sebagai kelopak ketiga, dan letaknya tersembunyi. Organ ini dikenal sebagai simbol “tidur”, akibat materi yang dihasilkannya. Organ ini seakan tidak memiliki fungsi, namun ia akan memproduksi materi yang dianggap sebagai kotoran, cairan yang kemudian mengental dan mengering, dan mengeras disudut mata saat manusia terbangun dari tidurnya.

2. Arrector pili
Merupakan lapisan otot yang sangat kecil dimiliki oleh setiap helai rambut di tubuh manusia. Organ tubuh ini berfungsi untuk membuat rambut-rambut kecil manusia berdiri, yang disebabkan oleh syaraf dan berhubungan dengan emosi manusia, rasa takut ataupun terharu. Kita bangsa Indonesia mengenalnya dengan istilah “merinding”. Dan hanya berfungsi secara simbolis, visual, dan berlaku secara pribadi.  Namun bagi hewan mamalia otot ini berfungsi sebagai lapisan yang melindungi mereka dari suhu baik panas maupun dingin, dan perlindungan lainnya.

3. Gigi Geraham Besar
Gigi geraham  besar terletak di belakang mulut, di belakang gigi geraham. Untuk suatu waktu gigi ini berguna, terutama untuk mengunyah makanan dedagingan. Gigi geraham ini sangat berguna untuk mengunyah makanan dengan baik, namun gigi ini tumbuh tanpa kepastian waktu. Namun ketika tumbuh akan menimbulkan rasa sakit, dan terkadang tumbuhnya tidak sempurna, sehingga banyak orang yang mencabutnya.

4. Coccyx
Organ ini dikenal dengan sebutan tulang ekor, merupakan bagian terakhir dari manusia bertulang belakang.  Terdiri dari lima bagian tulang terpisah dan merupakan sisa tulang belakang.Dalam tubuh manusia tulang ini tidak memiliki fungsi, namun bagi hewan yang memiliki ekor sangatlah membantu.

5. Adenoids
Organ ini merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak di bagian belakang hidung manusia. Jaringan ini merupakan bagian dari sistem kekebalan dan menjebak bakteri yang mengandung virus. Bagaimanapun, organ ini hanya berfungsi menyaring bakteri yang terhisap. Dan seiring pertumbuhan manusia, jaringan ini akan mengecil dan menjadi tidak berfungsi, karena hanya berfungsi ketika manusia dalam masa kanak-kanak. 

6. Tonsils

Tonsil merupakan organ tubuh manusia yang tidak berfungsi namun dapat menyebabkan beberapa orang kesakitan. Tonsil merupakan jaringan limfoid yang mudah terserang infeksi dan membesar,sehingga membutuhkan sebuah pembedahan untuk menyingkirkannya.

7. Sinus

Sinus merupakan bagian dari tubuh yang belum diketahui secara utuh oleh para dokter.  Merupakan sebuah rongga yang berisi udara.  Beberapa mengatakan bahwa sinus berhubungan dengan mata kita, sementara beberapa dokter lainnya mengatakan berhubungan dengan warna dan nada suara. Di  sisi lainnya, tidak ada yang mengetahui fungsinya, namun kita dapat mengetahui bahwa organ ini mampu membuat rasa sakit kepala.
  
8. Puting Payudara Laki-Laki
Kenali Kanker Payudara pada Pria
Tidak membutuhkan penjelasan yang panjang, lelaki tidak menyusui sehingga puting yang dinyatakan tidak berfungsi.

9. Gallbladder (Kandung Empedu)

Empedu merupakan organ tubuh berukuran kecil dan berfungsi menyimpan cairan yang membatu pencernaan di dalam tubuh. Walau demikian, empedu ini dapat memroduksi batu empedu dan menyebabkan manusia tidak mampu mencerna makanan tanpa muntah terlebih dahulu, ketika hal itu terjadi maka empedu harus dibuang melalui proses pembedahan.

10. Appendiks (Usus Buntu)

Usus buntu merupakan saluran yang kecil, sebuah tabung otot yang menempel pada usus besar. Bertujuan untuk  mencerna zat selulosa, terlebih ketika manusia memakan makanan yang berasal dari tetumbuhan. Namun demikian, usus buntu bisa menciptakan rasa sakit ketika terinfeksi dan pecah. Sekitar 300.000 orang di Amerika Serikat telah membuang usus buntunya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar