Selasa, 14 Agustus 2012

10 Kota Hantu di Dunia

Kota hantu bukan hanya terdapat di sejumlah kota di Indonesia, namun juga banyak terdapat di luar negeri sana. Hal ini mengacu pada tiadanya penduduk yang tinggal, sekalipun fasilitas kota tersebut demikian lengkapnya. Tak perlu heran jika makhluk gaib senang tinggal di dalamnya. Mana saja kota hantu di dunia? Inilah 10 kota tersebut:

1. Bodie, California

Tempat ini dikenal juga sebagai National Historic Landmark, dimana kota ini sudah tak berpenghuni sejak setengah abad lalu. Padahal sebelumnya kota pertambangan emas ini dihuni sedikitnya 10.000 warga. Namun setelah meletusnya kerusuhan perebutan lahan dan berkurangnya produktivitas tambang, semua penduduknya pergi. Terdapat banyak misteri di dalamnya. Saat ini Bodie dikelola oleh California State Parks, di dalamnya ada  museum serta wisata hantu.

2. Pulau Hashima, Jepang

Setelah menjadi kota pertambangan utama di Jepang, Pulau Hashima kemudian menjadi pulau hantu setelah permintaan tambang menurun di tahun 1960 dan mengakibatkan eksodus 5.000 pegawai di pulau itu. Pertambangan sempat diaktifkan setelah pemerintah Jepang  merekrut buruh dari China dan Korea, namun mereka juga eksodus sejak pada tahun 1974. Itu membuat rumah karyawan di pulau tersebut, yang dibangun sejak tahun 1916, menjadi kosong melompong dan menakutkan.

3. Centralia, Pennsylvania

Batubara kembali menjadi penyebab kosongnya sebuah kota. Kali ini di Centralia, Pennsylvania, yang mengalami ledakan hebat akibat proses pertambangan di tahun 1962. Celakanya, abu tambang itu masuk sebuah terowongan tua yang membuat kebakaran terjadi di dalam bumi. Api dahsyat pun terjadi bertahun-tahun memunculkan asap pekat berbahaya yang menyelimuti berbagai bangunan di atasnya. Sejak saat itu, kota ini menjadi kosong dan gosong.  Pada tahun 1981, pemerintah setempat akhirnya merelokasi warga Centralia ke lokasi lebih aman dengan biaya US$ 42 juta.

4. Maunsell Sea Forts, Inggris

Lokasi ini berupa benteng laut milik Inggris yang dioperasikan Royal Navy sebagai tameng anti serangan udara Jerman selama Perang Dunia II. Dibangun pada tahun 1942, benteng laut ini  memiliki fondasi di kedalaman air kurang lebih30,48 meter. Setiap benteng terdiri dari tujuh struktur dan dapat diakses dari pintu masuk di dasar platform. Meskipun bagian ini tangga masih terlihat hari ini, namun kondisinya sudah rapuh dan membahayakan. Pada tahun 1955, diputuskan bahwa benteng-benteng tidak lagi diperlukan dan dinonaktifkan. Tapi benteng ini kemudian banyak dipakai stasiun radio para bajak laut selama tahun 60 dan 70-an, ketika penyiaran ilegal tak berizin merajalela.

5. Beelitz-Heilstatten, Jerman

Kota hantu di Jerman ini mulai menarik perhatian turis sejak tahun 2000. Ini ada kota tempat berdirinya komplek rumah sakit yang berdiri sejak tahun 1800-an, sekaligus tempat dirawatnya Adolf Hitler saat terkena cedera kaki selama Perang Dunia I. Dalam perang Dunia II, rumah sakit militer di kota ini dioperasikan oleh Rusia hingga tahun 1995. Selepas tahun itu, kota ini ditinggalkan dan kini menjadi lokasi berbagai film termasuk film The Pianist.

6. Oradour-sur-Glane, Prancis

Oradour-sur-Glane adalah sebuah desa di Prancis yang menjadi memorial kekejaman tentara Nazi jaman dulu. Kota ini diinvasi dan dikuasai Nazi pada tahun 1944. Kala itu, semua penghuni (termasuk anak-anak dan wanita penghuni kota) ditembak dan kemudian dibakar hidup-hidup dengan brutal. Hingga kini, bangunan di kota tersebut umumnya masih kosong.

7. Humberstone, Chili

Pada tahun 1872, di kota Humberstone berdiri pusat pertambangan nitrat yang menghasilkan nitrat dalam jumlah banyak yang diekspor ke Amerika Utara dan Eropa. Namun penemuan senyawa serupa pada tahun 1930 telah membuat permintaan nitrat menurun, dan akhirnya kota ini menurun drastis. Padahal, di kota ini sudah tersedia fasilitas umum yang representatif seperti kolam renang, pasar, bioskop dan hotel.

8. Kolmanskop, Namibia

Setelah sebuah tambang berlian ditemukan di tahun 1908, kota kecil di Afrika ini menjadi magnet untuk penambang Jerman. Tak lama dari itu, arsitek khas Jerman kentara di kota yang berada di gurun Namib ini seperti halnya kereta pertama di kawasan ini. Namun pada tahun 1954, semua orang meninggalkan kota ini karena produksi berlian yang menurun drastis. Kini,lautan pasir menyelimuti kota ini.

9. Craco, Italia

Saking eksotis dan seramnya kota ini,maka sejumlah film menggunakan kota ini seperti film Quantum of Solace dan The Passion of the Christ.Didirikan sejak abad 6, Craco adalah bukit setinggi 600 kaki yang berpasir sejak 1963 atau tak lama setelah terjadi aktivitas seismik. Sejak saat itu, kota ini jadi tak berpenghuni meski sebelumnya sudah ada universitas, geraja, dan sejumlah plasa di dalamnya.

10. Prypiat, Chernobyl, Ukraina

Setelah terjadi ledakan reaktor nuklir Chernobyl dan mengeluarkan ancaman tersebarnya radio aktif, maka sekitar 30.000 penduduk kota Pripyat dievakuasi. Saat dievakuasi, warga hanya boleh mengambil satu barang saja, sehingga masih banyak ditemukan buku, furnitur, dan barang personal lainnya. Kota Prypiat didirikan sejak tahun 1970 dan menjadi kota tempat mukimnya pekerja pembangkit nuklir Chernobyl.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar