Kamis, 02 Agustus 2012

5 Artis Penganut Sekte Children of God

Children of God (COG) yang belakangan dikenal sebagai Family of Loves (Keluarga Kasih), Keluarga, dan kini Keluarga Internasional adalah sebuah gerakan agama baru yang dimulai pada 1968 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Ini adalah bagian dari Jesus Movement (Gerakan Yesus) pada akhir tahun 1960-an. Sebagian besar anggotanya berasal dari gerakan hippie. Gerakan ini adalah salah satu dari banyak gerakan lainnya yang membangkitkan kontroversi sekte pada tahun 1970-an dan 1980-an di Amerika Serikat dan Eropa dan memicu kelompok anti-sekte terorganisasi pertama (FREECOG).
Dan, sekte ini pun sempat menyebar ke Indonesia. Dan pada tahun 1984, Kejaksaan Agung RI melarang kepercayaan ini ada di Indonesia. Berikut uniknya.com merangkum lima anggota Children of God yang berstatus artis atau selebritas.


1. Kerenina Sunny Halim

Kerenina Sunny Halim (juga disebut Karenina; lahir di Jakarta, 13 Juni 1986) adalah keturunan Indonesia Amerika dan juga merupakan Miss Indonesia (DKI Jakarta) tahun 2009. Ia mewakili Indonesia di ajang Miss World 2009 di Afrika Selatan bulan November–December di tahun yang sama.
Nina menjalani sekolah rumahan (homeschooling) semasa hidupnya dan menerima enam diploma, yang semuanya diberikan oleh Akademi Kejuruan Kristen, sebuah lembaga pembelajaran jarak jauh yang non-akreditasi.
Ia dikritik di Indonesia atas bahasa Indonesianya yang buruk, sehingga setiap pertanyaan harus diterjemahkan ke bahasa Inggris.
Ibunya berasal dari Montana, Amerika Serikat dan aktif dalam grup relijius The Family International, yang sebelumnya dikenal sebagai “Children of God”. Kerenina lahir dan dibesarkan dalam kelompok tersebut dan masih menjadi anggota aktif. Ia tumbuh di bermacam-macam negara di seluruh Asia. Ia memiliki lima saudara dan salah kakak laki-lakinya, Steve Emmanuel (aktor sinetron /opera sabun TV di Indonesia), merubah namanya menjadi Yusuf Iman setelah berganti agama ke Islam.


2. Jeremy Spencer

Jeremy Cedric Spencer (biasa dipanggil Jonadab dan Jonathan, meskipun kini dipanggil Jeremy lagi) lahir di West Hartlepool, Inggris tanggal 4 Juli, 1948. Spencer adalah salah satu gitaris awal grup Fleetwood Mac, yang bergabung ke dalam band tersebut tahun 1967. Kekhususannya adalah gitar slide dan sangat terpengaruh oleh musisi blues Elmore James. Spencer tetap bersama band tersebut sampai bulan Februari 1971 ketika ia bergabung ke dalam Children of God, dimana ia melepaskan semua hartanya dan memotong rambut panjangnya.
Ia tetap bersama The Family International (sebutan sekarang sekte ini) sampai sekarang, berpartisipasi di kegiatan-kegiatan misionaris, membantu grup ini rekaman studio (khususnya di Brazil), dan mengilustrasikan terbitan-terbitan Family untuk anak-anak. Spencer kini tinggal di Irlandia dan bekerja sebagai ilustrator buku dan penulis cerita untuk The Family International.
Spencer bermain di tur konser India dengan para pemain Family International lainnya pada tahun 1995, 1998 dan 2000. Singkatnya sebelum dimulainya tur tahun 1998, para personil Fleetwood Mac termasuk Jeremy Spencer dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.


3. Tina Dupuy

Tina Dupuy adalah seorang kolomnis, jurnalis investigasi lepasan, komedian dan komentator on-air. Dupuy adalah editor untuk blog Crooks and Liars. Ia adalah pembaca acara program berita online, The Young Turks dan kini memilliki sumber penghasilannya sendiri dari TYTNow. Ia adalah kontributor untuk Los Angeles Times, The Atlantic, Fast Company, LA Weekly, Newsday, Orange County Register dan The Beast dan kontributor LA Progressive, sebuah majalah peradilan sosial online.
Tina Dupuy merupakan mantan anggota the Family. Hal ini terbukti lewat surat yang diposting dalam situsnya tinadupuy.com tanggal 29 Maret 2005. Dengan jelas, ia menyatakan bahwa ia adalah mantan anggota kultus the Family. Tina dengan gamblang meyatakan bahwa ia lahir di dalam kultus Children of God dan dibesarkan dan dididik di California. Untuk melihat isi suratnya, klik link berikut ini: http://www.tinadupuy.com/bio/for-inquiries-about-the-cog/


4. Rose McGowan

Rose Arianna McGowan (lahir 5 September 1973 di Florence, Italia) adalah seorang aktris Amerika. Ia dibesarkan di komune-komune Children of God/kultus The Family dari Italia, yang dimana ayahnya Daniel McGowan (orang Irlandia yang lahir di California) dan ibunya Terri (penulis asal Amerika) adalah anggotanya. Di dalam kultus tersebut, orang tuanya dikenal sebagai Barkos dan Saffron Doodler, dan ayahnya adalah pemimpin wilayah Italia.


5. River Phoenix dan Keluarganya

River Jude Phoenix (23 Agustus 1970 – 31 Oktober 1993) adalah aktor film, musisi, dan aktifis dari Amerika. Ia adalah kakak tertua dari aktor Rain, Joaquin, Liberty, dan Summer Phoenix. Phoenix pernah tampil di 24 film dan acara televisi, termasuk film petualangan sains fiksi Explorers, film Stand By Me, film sequel action Indiana Jones and the Last Crusade dan drama dewasa independen My Own Private Idaho.
Ketika diwawancara oleh People, Phoenix menggambarkan orang tuanya sebagai kaum “hippieish”. Ibunya lahir di The Bronx, New York, dari orang tua beragama Yahudi yang keluarganya telah emigrasi dari Rusia dan Hungaria. Ayahnya adalah bekas penganut Katolik dari Fontana, California. Tahun 1968, ibu Phoenix meninggalkan keluarganya di Kota New York dan berkelana mengelilingi Amerika Serikat, akhirnya bertemu dengan John Lee Bottom dan menampungnya di California utara. Mereka menikah tanggal 13 September 1969, kurang setahun setelah bertemu. Tahun 1973, keluarga tersebut bergabung dengan sebuah kultus agam bernama Children of God sebagai misionaris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar