Rabu, 08 Agustus 2012

10 Wanita Paling Berperan di Media Massa Dunia

Media massa tentu saja memiliki tugas menginformasikan berita. Namun keberadaan orang di balik layar juga sangat menarik dikupas karena mereka-lah yang sangat mempengaruhi khalayak. Sejumlah wanita di bawah ini dipandang  mampu memberikan pengaruhnya melalui pesan yang disampaikan inilah daftarnya:

1. Oprah Winfrey (Ratu talkshow) 
Oprah merupakan seorang selebritis sekaligus pengusaha Amerika Serikat yang namanya mulai melambung setelah membawakan acara talkhow-nya, The Oprah Winfrey Show. Awalnya dia membawakan acara teve di Baltimore dengan nama  People Are Talking. Di tahun 1986, Oprah mulai membawakan acara talkshow yang sama dengan namanya sendiri. The Oprah Winfrey Show kemudian  meraih sukses dengan ditonton 48 juta pemirsa setiap minggunya di Amerika Serikat serta  disiarkan di 126 negara di dunia.

2.  Helen Boaden (Direktur BBC News Group)
Dia adalah seorang direktur BBC News. Boaden mengontrol berita lokal juga beberapa program seperti Newsnight dan Panorama. Karier jurnalisnya dimulai di sebuah radio di New York tahun 1979. Tahun 1983 dia kemudian bergabung dengan BBC Radio.

3. Jill Abramson (Executive editor New York Times) 
Jill Abramson mulai menjadi eksekutif editor sejak September 2011. Jill sebelumnya adalah  reporter di majalah Time dan The American Lawyer. Dia juga pernah bekerja di The Wall Street Journal, sebelum akhirnya pindah ke New York Times tahun 1997.

4. Ann Curry (Presenter NBC Today) 
Ann adalah wartawan berita NBC. Dia juga menjadi presenter acara Today yang disiarkan NBC sejak Maret 1997. Kariernya dimulai tahun 1978 sebagai karyawan magang di NBC, sekaligus  menjadi reporter wanita pertama.

5. Diane Sawyer (Presenter World News) 
Diane Sawyer adalah wartawan televisi Amerika Serikat dari televisi ABC. Sejak Desember 2009, dia menjadi news anchor untuk acara Word News dan Good Morning Amerika.  

6. Arianna Huffington (Pendiri The AOL Huffington Post Media) 

Arianna Huffington adalah seorang penulis dan juga pendiri The Huffington Post: Sebuah situs berita, komentar, dan blog terpopuler di negara itu. Dia  berasal dari keluarga yang dekat dengan media. Orangtuanya wartawan dan Arianna sendiri memiliki latar belakang media dan wartawan. Tak heran jika dia membuat dan memimpin sebuah situs berita.

7. Christiane Amanpour (Presenter This Week) 

Dia  adalah seorang  pembaca berita program berita This Week yang tayang di ABC News. Dia juga tercatat sebagai pemimpin korespenden internasional untuk CNN dan telah bekerja sebagai jurnalis selama 27 tahun. Dunia jurnalistik bukan  hal baru, karena latar belakang pendidikannya adalah jurnalistik.
 
8. Anna Wintour (Pemimpin redaksi  Vogue) 

Anna Wintour menjadi pemimpin redaksi Vogue sejak tahun 1988. Ketertarikannya dengan dunia fashion dimulai sejakmasih remaja. Ayahnya yang editor  sebuah media menyarankan dirinya  membuat sebuah koran yang relevan dengan masa itu. Karier Anna di bidang jurnalistik fashion dimulai  di dua majalah di Inggris. Dia juga sempat bekerja di majalah fashion ternama, Harper’s Bazaar.
 
9. Greta Van Susteren (Pembawa acara On the record) 

Greta merupakan  pembawa acara On the Record di Fox News Channel. Tahun 1994 hingga 2002 ia menjadi seorang pembawa acara dalam acara Burden od Proof bersama Roger Cossack di CNN, namun kemudian beralih ke Fox.

10. Tina Brown (Pemimpin redaksi Newsweek) 

Tina merupakan  wartawan, editor majalah, kolumnis, pembawa acara talkshow, sekaligus  penulis buku Putri Diana  berjudul The Diana Chronicles. Tahun 2005, Tina berpindah kewarganegaraan dari Inggris ke Amerika Serikat setelah dirinya berimigrasi ke AS sejak tahun 1984. November 2010, The Daily Beast mengumumkan merger dengan Newsweek. Dan Tina Brown ditunjuk sebagai pemimpin redaksi kedua media ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar